Gagal , gagal, gagal, gagal dan………. BISA?!

December 26, 2008

Gagal , gagal, gagal, gagal dan………. BISA?!

Pas gw lulus SMA di tahun 2005, gw pengen banget buat kuliah. Gw pun kebingungan buat milih jurusan yang tepat buat pemalas seperti gw. Kedokteran-kah? Teknik elektro-kah? Sastra mesin-kah? Atau apa? Gw kebingungan…… Akhirnya gw punya ilham kalo gw harus masuk jurusan ‘teknik’ sejalan dengan latar belakang bokap gw. Kebetulan gw punya 2 partner yang sama-sama pengen masuk teknik, mereka adalah Sukmana dan Irwan. Supaya lebih akrab dengan tokoh-tokoh cerita ini, Berikut adalah karakteristik yang dimiliki Sukmana dan Irwan :

Sukmana tipe orangnya cuek, mukanya mirip orang India, TTM gw (TTM = Temen Tapi Mengerikan), perokok sejati, dan dia tu sering horny kalo liat soal matematika yang belum terjawab.

Sedangkan Irwan adalah seorang siswa SMA yang tinggi badannya 186 cm, dengan berat badan kurang lebih 55 kg (hi- calcium, low-fat), penakluk hati semua cewek kecengan gw, doyan kentut (Gw serius?! Dia sering kentut dengan mimik muka orgasm. JIJIK?!).

Kita bertiga bertekad buat lulus SPMB (seleksi penerimaan mahasiswa baru) di tahun 2005. Kita mulai intensif belajar pas 3 bulan sebelum SPMB. Kita belajar habis-habisan, nyampe kita sedikit melupakan kegiatan sehari-hari seperti, makan, minum, hang-out di tempat penampungan sampah sementara, ngebalas surat-surat fans, lari (lebih tepatnya lari dari kenyataan), dan hal tolol lainnya.

Gw pikir semua usaha belajar yang sudah kami lakukan layak untuk dicoba ke soal-soal ujian masuk perguruan tinggi. Akhirnya sebelum SPMB dimulai, gw penasaran buat ngejajal semua ujian saringan masuk (USM) perguruan tinggi negeri dan swasta ternama di Indonesia. Perguruan tinggi yang gw jajal ialah teknik Arsitektur UNPAR, Kedokteran Hewan UGM, FKG UNPAD, FSRD ITB dan Teknik informatika STT TELKOM.

Hasil USM sesuai dugaan, hasil testingnya adalah ……..

Gw harus belajar….

Atau lebih tepatnya, gw harus belajar menerima kenyataan bahwa ga satupun pilihan USM gw lulus.

Gilaaa….. Ga satupun USM gw yang lulus.

Jujur aja, gw sediih banget. Lebih sedih dibandingkan kalah undian ale-ale. Untuk mengatasi kesedihan tersebut, gw-pun mencoba USM jurusan sosial seperti Akuntansi PAAP UNPAD, Management komunikasi STMB TELKOM, dan ekonomi pembangunan UNPAR. Entah gara-gara gw berjiwa sosial, ternyata USM jurusan sosial yang gw coba lulus semua. Weleh-weleh..

Sengaja gw ga ambil dulu jurusan sosial tersebut coz gw masih penasaran ma SPMB Perguruan tinggi negeri jurusan teknik. Untuk menembus SPMB-PTN gw terpaksa jungkir balik, ngebanting tulang (kasian tulang gw), belajar habis-habisan buat SPMB nyampe bibir berbusa-busa plus badan kejang-kejang (over dosis soal latihan)…..

Setelah 3 bulan berlalu, gw, irwan, dan Sukmana menjalani SPMB-PTN. Sehabis testing kita bertiga langsung pulang ke markas geng kita (DKRD 44). Di markas, kita langsung nyalain radio OZ Bandung. Langsung aja kita nyamain jawaban kita dengan kunci jawaban yang diumumin radio OZ. Pada awalnya sih soal-soal jawaban kita masih lumayan banyak yang bener, but untuk soal-soal selanjutnya ternyata jawaban gw, Sukmana, Irwan banyak yang ngaco. Tidaakkk….?!, Sukmana yang bermuka sangar pun lari ke kamar dan menangis terisak-isak sambil memeluk guling, Irwan langsung mengurung diri di WC (ngapain lu?), gw shock berat nyampe gelas minum yang gw pegang terlepas begitu saja dan craaannnk?! (Sori berlebihan…).

Sesuai dengan prediksi kami…. Akhirnya kami lulus….

Maksud gw, kita lulus SMA but SPMB-PTN kita ga ada yang lulus… Gilee….

Sebenernya, motif utama gw pengen masuk jurusan teknik perguruan tinggi negeri ternama tu cuma buat pengen ngetop dikalangan cewe-cewe… Alternatif lain biar gw ngetop dikalangan cewe-cewe, gw nyoba ngandelin tampang indo gw, ga diizinin emak gw……. mau ngandelin kelakuan, tugas berat…. Mw ngandelin wibawa gw, sama aja berharap di Bandung turun hujan salju. Ada ide? Asal jangan ngandelin status gw sebagai pewaris tunggal aset keluarga Bakrie…. (ga deng becanda..)

Akhirnya gw memutuskan buat ngambil kuliah di Akuntansi PAAP UNPAD, Irwan ngambil Akuntansi UNPAR sedangkan Sukamana sengaja nganggur setahun buat persiapan SPMB tahun depan.

Gw : “Suk?! Kenapa lo ga kuliah dulu aja?”

Irwan : “Iya suk.. takutnya lo ga lulus lagi tahun depan….”

Sukmana : “Iya Suk,, gimana sih lo….?!”

Gw + Irwan : “Lho?!”

Sukmana : “Becanda teman….. Tenang aja sahabatku…. Gw bakal berusaha keras buat masuk PTN ternama…. Ga usah masuk teknik deh…. Pokoknya gw mulai sekarang harus berjuang buat lulus Matematika ITB 2006… TITIT?! Eh, maksud gw TITIK?!”

Gw + Irwan : “Tapi suk…”

Sukmana : “Ssssstttt….. Tenang, percaya aja ma instinct binatang buas gw.. Asal lu tau, kegagalan SPMB-PTN itu ujian buat kita, aneh ga sih kalo hidup kita ga ada ujian? Ibarat lu kuliah trus selama kuliah 4 tahun lu ga pernah dapet Ujian satu kali-pun. Gimana kualitas kita mau ningkat? Gagal itu normal kok, yang ga normal itu ga pernah ngerasain gagal”

Gw : “Yaudah…”


Akhirnya bisa disimpulkan kalau SPMB-PTN 2005 kami……. GAGAL?!

Setelah itu, gw menjalani kuliah di PAAP UNPAD, Irwan di UNPAR dan Sukmana tetap gigih untuk bisa masuk Matematika ITB 2006. Hari berlalu, waktu pun berlalu.. Gw terlibat percakapan dengan si Irwan, dan percakapan ini merupakan awal perubahan sejarah hidup gw. Percakapan ini terjadi ketika gw dibonceng si Irwan di motor suzuki kesayangannya di sekitar jalan Tunojoyo Bandung.

(Ngeeeng?! Tidid?!! BRUUUMMM?!)

Irwan : “San, gw kayaknya mau keluar dari UNPAR.”

Gw : “Lho kenapa? Lu dikucilin gara-gara badan lu bau lele?”

Irwan : “Enggak… Gw serius nih.”

Gw : “Ah, serius lu? Gila… Emang kenapa? UNPAR kan tempat kuliah bagus?”

Irwan : “Gw ogah jadi pecundang (PEmuda CUlun tapi koNDANG), gw ga mau nyerah begitu aja ma cita-cita gw buat masuk teknik. Gw pengen kayak si Sukmana, tetap gigih ma keinginannya.”

Gw : “Ah gila lu, terus kalo nanti ga lulus lagi gimana? Ntar lu ga bisa balik ke UNPAR loh…”

Irwan : “Naaah, Itu pikiran yang harus gw buang mulai saat ini, coz gw harus yakin gw bisa.”

Gw : “Gila lu, gw sih ogah. Trus emang ntar emak ma babeh lu bisa nerima keputusan lu?

Irwan : “Sebelumnya sih ga terima, but karena keyakinan gw yang dahsyat seperti ketampanan yang gw milki ini, emak ma babeh gw bisa terima juga.”

Gw : “Wow, yaudah terserah lo aja. Gw sih ogah.”

(“Ngeeengg?! Motor pun melaju kencang menuju tempat favorit gw dan Irwan yaitu Tempat pembuangan sampah simpang dago)

Begitulah hasil obrolan gw dengan si Irwan. Kala itu, gw merupakan bagian dari orang yang pesimis buat bisa mencapai salah satu impian hidup gw yaitu masuk jurusan teknik. Sifat pesimis gw tercipta gara-gara gw trauma akan suatu kegagalan.

Gagal…. Apakah kegagalan itu takdir hidup gw? Apakah kegagalan adalah hobi gw? Apakah kegagalan nama tengah gw? Apakah kegagalan sejenis makanan?

Gw bisa jawab pertanyaan diatas ketika gw tersadarkan bahwa perkataan Sukmana ada benernya juga. Masa gagal sekali aja gw udah nungging. Hanya dalam hitungan detik tubuh gw pun terbakar semangat 13 februari 1945 (hari apaan tuh?), “Gw harus masuk Teknik?!”

Gw pun membentuk tim sukses SPMB-PTN 2006 bersama Irwan dan Sukmana. Kita belajar habis-habisan lagi. Bedanya, teknik belajar kita lebih baik coz kita evaluasi dulu kenapa tahun kemaren kita gagal dan hal tersebut diakibatkan teknik belajar yang salah. Akibat dari pola belajar yang teramat sadis, gw jadi jarang pulang ke rumah, Irwan jadi agak putih-an gara-gara jarang keluar rumah (Ceritanya dia belajar), sementara Sukmana jadi agak gantengan gara-gara sering ke salon (Lho?). Waktu terus berlalu, tanpa terasa kuliah gw di PAAP UNPAD terbengkalai, Gw terpaksa mengikuti jejak Irwan untuk meninggalkan almamater tercinta PAAP UNPAD. Keluarnya gw dari PAAP UNPAD bukanlah suatu proses gambling, tapi suatu bentuk nyata bahwa gw yakin tahun ini gw bisa masuk jurusan teknik. Harus?!

Diantara kita bertiga, orang yang paling jenius ialah si Irwan, sementara orang tertolol adalah gw, berarti lu tau kan posisi si Sukmana dimana? Hal tersebut bisa dilihat pada hasil ujian try-out dimana nilai si Irwan merupakan nilai tertinggi dibandingkan kita bertiga dan gw terbuncit. Bayangin aja, gw pernah nyoba try-out SPMB and milih jurusan fakultas olah ragadengan hasil GW TIDAK LULUS?! Jujur aja, terkadang gw mengalami ketakutan yang sangat besar jika tahun ini gw ga lulus SPMB-PTN lagi. Tapi gw ga mau narik kata-kata gw. Gw harus bisaaaaa….?! Arrrggghhh?!

Iseng aja gw nyobain buat ikut UM-UGM (ujian masuk universitas gajah mada), gw nyoba ngambil teknik arsitektur disana dan hasilnya sangat memuaskan. Hasil yang gw dapatkan ialah gw GA LULUS LAGI. Waduh gimana nih, gw masiiih aja gagal. Ternyata setelah di evaluasi, gw hanya bekerja keras habis-habisan tanpa diiringi do’a kepada-Nya.

Okeee…. Mungkin gara-gara kurang do’a yang bertubi-tubi deh. Sekali lagi gw iseng ikut USM-ITB 2006, gw nyoba ngambil teknik planologi. Walaupun ketika ujian gw terserang diare (It’s a fact), akhirnya gw berhasil juga lulus di jurusan teknik planologi ITB. Wah akhirnya ada yang lulus juga nich. Yaa… Syukurlah, terimakasih Yaa Allah Tuhan ku tercinta.

Dikarenakan gw dah lulus USM-ITB, gw memutuskan buat ga nyoba ikutan SPMB-PTN 2006. Pas SPMB-PTN, giliran Sukmana dan si Irwan yang berjuang keras, gw berdo’a untuk keberhasilan mereka. Syukurlah, kerja keras dan do’a yang terus menerus telah berbuah hasil manis. Mereka lulus juga di institut yang sama dengan gw. Irwan masuk jurusan teknik Industri, dan si Sukmana masuk fisika (walaupun ga masuk matematika dia ga nyesel kok).

Untung Happy ending, kalo tahun 2006 ga lulus lagi, ga kebayang deh..?! Fiiuuuuhhh…… Finish?! Eh finish ya?

Waaw… Apa ya esensi pengalaman gw diatas?

Hmmm…. Gagal, gagal dan gagal adalah suatu keadaan yang pernah dialami oleh semua manusia di planet bumi ini, yakin gw?! Lo? Pernah gagal juga kan? Ngaku aja deeh…. Misalnya lo pasti pernah gagal dalam menjaga kesehatan kemudian lo kena penyakit sejuta umat yaitu ‘mencret’. Pernah kan?

(Nyantai aja gw juga langganan kena mencret kok, eh ngomong-ngomong Marilyn Monroe pernah kena mencret ga ya?)

gagal mas?

gagal mas?

Melihat cerita gw tadi, gw bisa mengambil suatu kesimpulan bahwa Kegagalan yang kita alami adalah sebuah fase untuk memperoleh kekuatan baru, bukan sebagai kekalahan yang mematikan. Orang kuat pasti pernah mengalami kegagalan. Gw yakin, sekuat-kuatnya Chris John (petinju Indonesia) pasti pernah mengalami kegagalan. Di dunia ini banyak sekali manusia yang alergi terhadap kegagalan (gw aja bersin-bersin kalo gagal). Mungkin hal tersebut dikarenakan ajaran sekolah-sekolah di Indonesia dari SD sampai SMA mendoktrin kita untuk jangan gagal. Ajaran tersebut seringkali menjadi rem (momok) dalam segala terobosan yang ingin kita ambil. Padahal menurut gw seharusnya di jenjang akademis itu kita diajarkan untuk jangan takut gagal. Jadi, kegagalan itu sesuatu yang lumrah, yang tidak lumrah itu tidak mau bergerak karena takut gagal dan gagal dikarenakan kesalahan yang sama.

Gagal? Cuek aja…. kan ada verille.

Gagal seringkali disebabkan oleh adanya kekurangan dalam diri kita. Baik itu kecerobohan, kemalasan, ketidak-teilitian, ketidak-beruntungan dan lain sebagainya. Gw rasa Tuhan itu punya alasan kenapa kita harus memangku kekurangan dalam diri kita. Menurut gw, Tuhan itu menciptakan kekurangan bagi seseorang sebagai benteng perlindungan agar dia terhindar dari kemaksiatan yang akan dilakukan andai dia memiliki kelebihan. Jadi, berpikir positif aja, daripada kita menyesali kekurangan dalam diri kita, lebih baik kita mencoba meminimalisir kekurangan yang ada dalam diri kita itu. Misalnya, kekurangan gw selama ini ialah sering kentut sembarangan di tempat publik, daripada menyesali keberadaan pantat gw yang ga lulus SD ini, lebih baik gw meminimalisir kenakalan pantat gw ini (apakah ini contoh yang relevan?)

Gagal = cobaan ?!

Cobaan Tuhan itu sudah didistribusikan untuk semua makhluk-Nya tanpa pandang bulu. Kegagalan maupun keberhasilan dalam menghadapi suatu ujian itu sesuatu yang lazim terjadi. Dan jangan pernah mengutuk suatu cobaan (ceiilah?!) karena cobaan adalah sarana penentuan mutu keimanan seseorang.

Cobaan itu ibarat ujian, Kalo hidup tanpa cobaan itu bakalan bikin hidup jadi aneh. Ibarat lo kuliah, trus ga ada ujian tengah maupun akhir semester, kemudian lo lulus begitu aja. Gimana kita mau meningkatkan kualitas diri? Aneh kan? Oleh karena itu, ujian itu tidak hanya ada dalam ruang lingkup akademis (Ex. Ujian tengah semester), harus kita sadari bahwa dalam kehidupan sehari-hari ujian itu selalu ada.

Jadi , ujian (cobaan) yang diadakan oleh Tuhan ditujukan agar peserta ujian tersebut menampilkan keaslian maupun kepalsuan yang tadinya disembunyikan dalam hatinya. Setelah kita tersadarkan oleh keaslian maupun kepalsuan kita, kita harus bisa menjadikannya sebagai input untuk mengambil langkah ke depan.

Gagal dalam menghadapi cobaan? Nyantai aja, jangan panik. Introspeksi, evaluasi dan jalani strategi selanjutnya yang lebih yahud.

26 Responses to “Gagal , gagal, gagal, gagal dan………. BISA?!”

  1. wonq said

    hahaw bahasanya gaoel bgt ga sih looohhh… (urg membayangkan s suuk yg ngomong kayak gini… pantes)
    nostalgie nih?? hehe… btw qta pernah jd trio libels pembabat soal spmb, so many things happened.. kberhasilan bs bikin qta maju atau malah terlena, he…
    trio libels sdh gak sperti dl lg, terutama suuk yg skrg dkontrak sony bmg untuk solo karir… but qta hrs slalu support walau beda label… gung rek nepi iraha ieu hirup?? he…
    thnx brad
    NB: mnh lebai cerita urg gung, aing gak jenius, berat urg oge 60 kg…

  2. Happy Gie said

    mantap brader esensinya..Jgn takut gagal…Kmu juga kLo maw operasi kelamin jgn takut gagal..He2

    Tapi knapa upi dpake jd contoh TO yg pasti masuk?
    Hahaw jahadd ah kau..
    :p

    kita harusnya skeLas ya d akun paap,tp apa daya gung,namaku terpampang d koran hari itu,,ahahaw
    sombong mode : on

    gutSTory brader
    gutLak
    dan kita smua smoga sukses slalu,amien

  3. susansudarwin said

    maksud urg bukan nyindir upi, but keterlaluan ga sih fpok aja ga lulus… urg cuma mw ngasih tau aja sebagaimana gebleknya urg… maap klo menyinggung perasaan ku urg edit deh…. hooho

  4. Asop said

    Gimana kualitas kita mau ningkat? Gagal itu normal kok, yang ga normal itu ga pernah ngerasain gagal.

    Setuju banget ma Sukmana… Bener banget perkataannya nih…. Salut… ^^

  5. susansudarwin said

    hoiii … asop kmna ja? jarang kelitan 2 minggu ni.. liburan y? iy… mudah2xan kualitas kita semua terus meningkat seiring dengan kegagalan dan keberhasilan yang selama ini kita alami.. hahahhaa
    salam super

  6. yuni said

    halo salam kenal! wah saya beruntung bgt nih nemu tulisan ini, inspiring bgt euy. kebetulan sy skrg jg mau cobalagi-award ITB dan kasusnya hampir mirip, udah kuliah jg skrg di binus. mohon doanya ya, mau ikut USM daerah 🙂 makasih

  7. susansudarwin said

    thx yuni atas komenny, salam kenal juga… ayo semangat..?! pasti lo bisa..yakin gw?!,,, sering evaluasi plus inovasi aja ma teknik belajarny.. hihihi..
    sering2x ngunjungi blog gw ya… thx

  8. esther said

    ……………………………………………………………………………………………………………………………………………….hahahahahah………………………………………………………………………..hiks hiks hiks……………..agung,,,,,,ough…ough….

  9. icha, said

    gw tak menyangka gung,, perjuangan lo buat jadi planners berat juga yaa,,

    kalo ga pernah ngalamin kegagalan, gimana bisa ngerasain betapa senengnya berhasil?!

    hhe, keep writing gung!

  10. Almira said

    Wah gung, gw juga berkali2 gagal ikut telkom, dan sebelum spmb emg gw cm ikut tes telkom doang. hehe
    kebayang kl gw ga lulus spmb, ga kuliaah deh, secara telkom tes duaduanya ga keterima..
    Tapi untunglah, dgn gagalnya gw di telkom geblek itu, gw jadi berusaha lebih giat dan keras lagi utk spmb, hehe.
    Gagal itu menuju sukses!

  11. Iqbal said

    Aguungg…hhe, nice story
    oya gung…gw baru ganti blog nih..hehe
    tukeran link yah..!!

    http://www.mohammadiqbal.co.cc

  12. Hanny said

    Hahahah, kocak abis gung, pembawaan ceritanya.

    Serius, ku ngedalamin banget ceritanya yang menyayat-nyayat hati mpe sesak nafas karna ga bisa berhenti ketawa.

    *grins*

    Btw, salut buat agung dan kedua anggota trio lainnya (yang disebut Irwan dan Sukmana) yang ga menyerah. Terutama bwt yang mau ‘nendang’ agung supaya mau bertaruh sampe akhir hayatnya.

    Kalo ga, anak plano ga bakal ketemu sama si agung satu ini. *smiles*

    Btw, gung, ku nge-link ke blog agung yah~ 🙂

  13. susansudarwin said

    thank you my friend?! suatu kehormatan blog gw ada yang peduli… ok deh di link-in ya

  14. Diandra said

    guuuung…
    hahaha….

    lucu..
    tp bermakna

    pelajaran bwt qt smua..
    yg hrs berpikir positif thdp kegagalan..

    mantap lah..

    huhuhu

    emang mimik muka org “orgsm” sm ky org “kentut” yaaa…haghaghaghag

  15. Asop said

    Selamat Gung! Blog lo dapet award!
    Caranya, liat halaman ini… ^^

    Dapet Award sekaligus PR??

  16. aii_chuu said

    saluuuut ! hehe 🙂
    gw skrg kls 3 . lagi saat pusing2nya .
    gw juga punya trio belajar demi kuning-nya UI .
    ceritanya kurang lebih mirip . belajar ampe begadang tiap malem , ampe suara serek gak keruan untuk SIMAK UI kmrn .
    hasil nya belum tau apa .
    2 temen gw ngincer akuntansi sama manajemen UI . gw ngincer sastra inggris .
    doain yaa .
    selain sastra inggris UI gw juga minat bngt pgn fsrd ITB .
    tapi ciut sama saingan2 yg pngn masuk sana juga 😦
    eh , tes arsitektur unpar susah gak ?
    ada ym ga ?

  17. aii_chuu said

    oh yaa .
    soo inspiring 🙂

  18. susansudarwin said

    heyyy,,,, Aii semangat terus… jgn takut gagal… coba aja… klo tertarik fsrd.. coba j… itu pun diiringi usaha doa n restu tentunya… ihihi kok jadi kaya motivator gw yaa…. terimakasih dah mau baca ceritanya…
    ym ada kok… add j di agung_susan@yahoo.com
    sekalian add facebuk gw j..
    salam kenal

  19. denijayusman said

    gung add link AING MANTAP GAN

  20. Poppy said

    Haiiii temans,

    Buat yang lagi bengong, yang lagi sedih, abis patah hati dan butuh bantuan segera… hayooo mampir donk ke http://www.ipopscollections.com dijamin hati jadi adem, pikian jadi tenang… karena bisa cuci mata sekalian belanja 🙂

    Cuma di ipops collections kamu bakal dapatin pengalaman belanja on line yang menyenangkan… tas tas branded or bermerek seperti tas Louis Vuitton, Prada, GUcci, Chanel, Christian Dior, Tod’s dll
    di Jual MURAH. Kualiatas….ssssttttts jangan di tanya… Puassss pokoknya..

    Juga… Reseller are welcome… so yang mau bisnis di sini juga bisa… ada harga special 🙂

    CU
    at ipops collections, where shopping can be fun 😉

  21. Nice Blog.. Keep up the good work guys..

  22. Aya said

    wah kakkk nangis baca ini. apalagi pas irwan mutusin buat keluar dari unpar. dan akhirnya kalian bertiga barengan di itb. sukses terus ya!

  23. iester samosir said

    Bang waktu test ke unpar kualitas soalnya gimana yaa? Saya mau coba jg nih soalnya. Thanks

  24. Afira said

    USM 2 Unpar sesusah itu ya? Bantu dong. Kebetulan saya mau masuk HI Unpar.

  25. Thanks in support of sharing such a good idea, post is good,
    thats why i have read it fully

Leave a comment